Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Alami

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Alami Yang Bermanfaat Untuk Anak-Anak

Selamat menyimak artikel kami yang akan berbagi informasi mengenai Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Alami yang bermanfaat untuk anak.

Selamat datang disalah satu situs resmi kami Ditributor Obat Herbal terbesar dan terpercaya. Dalam kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi tentang Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Alami. Nah, untuk anda yang kurang memahami akan keistimewaan makanan yang mengandung banyak serat alami, simak sampai tuntas ulasan berikut !

Pentingnya serat bagi anak-anak

makanan yang banyak mengandung serat alamiMakanan yang banyak mengandung serat alami-, Tahukah anda, menurut sebuah penilitian delapan dari sepuluh anak-anak sekolah tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka sehari-hari. Berapa sebenarnya jumlah serat yang harus dikonsumsi oleh anak-anak? Kebutuhan serat anak usia 5 tahun sekitar 20 gram per hari dan untuk kebutuhan anak enam tahun sekitar 11 gram/hari.

Apa manfaat serat untuk anak? Peran serat paling penting adalah menjaga anak Anda secara teratur dan menjaga perut mereka terus bergerak. Makan makanan kaya serat membantu anak merasa kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah stabil dan membantu anak berkonsentrasi lebih lama.

Selain itu juga berpengaruh terhadap perubahan perilaku anak menjadi lebih positif. Serat juga mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit seperti diabetes, jantung, obesitas dan menjaga sistem pencernaan bekerja secara efisien.

Sekilas mengenai pengertian serat, fungsi serat, dan jenis makanan yang banyak mengandung serat

Apa yang dimaksud dengan Serat ?

Makanan yang banyak mengandung serat alami-, Serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh. Serat tidak hanya dibutuhkan oleh para orang dewasa namun juga anak-anak. Kebanyakan serat hadir di dalam sayur dan buah.

Fungsi kegunaan Serat

Serat sendiri memiliki banyak sekali fungsi serat ini, dan membuatnya sangatlah penting bagi tubuh dalam :

  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan kadar kolestrol
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membuat rasa kenyang lebih lama

Lalu bagaimana untuk memperoleh asupan serat yang optimal dalam sehari? Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang mampu menunjang kebutuhan serat sehari-hari.

Serat sering ditemukan pada Buah-buahan

Makanan yang banyak mengandung serat alami-, Buah tidak hanya sumber vitamin yang tinggi, namun juga kaya akan serat. Bahkan dalam 1 buahnya saja, rata-rata memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari beberapa jenis sayuran.

Berikut ini buah-buahan yang memiliki kadar serat tinggi :

  • Buah Berry – Buah berry–berryan, seperti strawberry, blueberry dan anggur juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Jangan remehkan bentuknya yang imut-imut ini, karena 1 cangkir buah berry dapat mengandung 10 gram serat yang dipelukan oleh tubuh setiap harinya.
  • Alpukat – Buah ini biasa digunakan untuk kepentingan kecantikan. Banyak yang menyukai buah ini karena rasa dan teksturnya, dan dikonsumsi sebagai makanan yang mengandung kalsium tinggi. Tak tanggung-tanggung, ternyata dalam satu buah alpukat utuh, mengandung 10 gram serat. Pastinya hal ini akan sangat mambantu mencukupu kebutuhan serat sehari – hari.
  • Apel – Siapa tak kenal dengan si bulat yang renyah ini. Dengan segudang kandungan nutrisi yang dimiliki, apel ternyata memiliki kandungan serat yang tergolong tinggi, yaitu 4.4 gram per 1 buah apelnya.
  • Pir – Pir merupakan buah yang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan apel, namun memiliki kadar air yang lebih tinggi. Buah berwarna kuning atau hijau ini merupakan makanan kaya serat, disamping kandungan vitamin-vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh kita.
  • Pepaya – Buah yang berukuran besar ini yang memiliki daging buah berwarna oranye atau kuning ini juga sangat baik untuk memperlancar pencernaan, karena memiliki serat sebanyak 1.3 gr per 100 gram daging buahnya.
  • Mangga – Ketika membelahnya saja kita sudah dapat merasakan betapa tebalnya serat-serat yang ada pada buah manga. Dari 100 gram buah manga terdapat kandungan serat sebesar 1.6 gram.

Selain terdapat pada buah-buahan, serat juga sering ditemui pada Sayuran

Makanan yang banyak mengandung serat alami-, Serat tidak hanya ditemukan pada buah-buah saja, namun sayuran juga pada umumnya memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Sayuran hijau merupakan produk alam yang banyak mengandung serat dan wajib dikonsumsi sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain berbagai kandungan vitamin dan mineral lainya yang berguna bagi tubuh. Berikut beberapa jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan serat yang tinggi :

  • Brokoli – Brokoli merupakan salah satu makanan rendah kolesterol yang sangat sehat. Si hijau ini ternya memiliki kadar serat cukup lebih 0.9 gram per 100 gram brokoli. Selain itu brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk tubuh.
  • Bayam – Sayuran hijau yang sering dikaitkan dengan tokoh kartun popeye ini memiliki kadar serat yang sangat tinggi. Anda akan mendapatkan manfaat serat sebanyak 2.8 gr per 100 gram bayam yang anda konsumsi setiap harinya.
  • Buncis – Buncis ternyata juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Setiap 100 gr buncis mampu menghasilkan 1.2 gr serat yang akan sangat baik bagi kesehatan tubuh, bahkan cocok sebagai makanan untuk penderita ambeien.
  • Daun Selada – Daun selada ini biasa kita temukan pada salad dan burger, ternyata memiliki serat yang tinggi. Anda dapat merasakan manfaat 0.6 gr serat ketika anda mengkonsumsi 100 gram daun selada ini.
  • Timun Jepang – Timun jepang atau suki merupakan jenis timun yang berwarna hijau pekat dan memiliki kadar serat yang banyak. Dalam 100 gr timun jepang, terdapat 0.5 gram serat yang terkandung dalam timun jepang.
  • Seledri – Selain bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan pada tubuh, seledri juga merupakan makanan untuk penurun darah tinggi. Selain itu, sayuran berdaun kecil dan imut ini memiliki kadar serat sebanyak 1.5 gram per 100 gr seledri.
  • Wortel – Selain baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A, wortel juga memiliki kadar serat yang sangat tinggi dibandingkan sayuran lainnya. Seratnya sekitar 4 gran per 100 gram wortel.

Disarankan agar tubuh kita mampu mengkonsumsi serat sebanyak 25 – 35 gr serat dalam satu harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh kita akan serat, maka proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh kita pun akan menjadi lebih baik dan tidak terhambat.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Alami, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitkonjungtivitis.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Baca juga artikel kami lainnya : Manfaat Sehat Kebiasaan Ngemil

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Alami

Iklan

Ditandai:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: